22Juli2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Jumat, 20 Desember 2013 12:27

Kebiasaan Makan Yang Tidak Sehat

Seperti dilansir dari Our Vanity inilah 5 kebisaan makan buruk yang sebaiknya dihindari :

Makan dengan cepat

Makan dengan cepat dan terburu-buru adalah salah satu kebiasaan makan buruk yang harus segera dihentikan. Alasannya, pada saat tidak mengunyah makanan dengan baik sistem pencernaan harus bekerja lebih keras. Saat makan cepat udara berlebihan akan mengisi lambung dan membuat perut kembung.

Hal ini juga membuatmu memasukka makanan lebih banyak untuk merasa kenyang. Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merasa kenyang. Itulah mengapa kebiasaan makan satu ini dapat menyebabkan kegemukan.

Makan sambil melakukan kegiatan

Banyak pekerjaan yang menumpuk dan tugas yang harus dikerjakan membuatmu melakukan multitasking makan sambil mengerjakan tugas tertentu. Hal ini sangat tidak disarankan, bahkan sebaiknya kamu juga harus menghindari makan sambil menonton tv. Hal ini karena kamu akan fokus pada hal yang sedang dilakukan dan tak memperhatikan asupan makanan ke dalam mulut. Akibatnya kamu malah makan berlebihan.

Memilih makanan manis untuk mengganjal perut

Memilih makanan manis untuk mengganjal perut tak membuat perut menjadi kenyang. Banyak makan gula hanya memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes atau obesitas. Bila ingin ngemil makanan manis sebaiknya konsumsi dalam jumlah terbatas dan jangan berlebihan.

Makan saat emosi

Jangan biarkan suasana hatimu mempengaruhi asupan nutrisimu. Makan saat merasa emosi dan frustasi ini membuat tubuh menginginkan asupan karbohidrat berlebih untuk membantu dalam memproduksi hormon serotonin agar merasa senang dan tenang. Tapi hal ini dapat membuatmu mudah untuk mengalami kegemukan. Saat sedang badmood sebaiknya pilih makanan pengusir badmood seperti susu, yogurt ataupun ikan yang sehat.

Langsung tidur setelah makan

Jangan makan sesaat sebelum tidur. Hal ini menjadi kebiasaan buruk yang benar-benar harus dihindari. Selain bisa mengurangi kualitas tidur, langsung tidur setelah makan juga menyebabkan perut tak punya cukup waktu untuk mencerna makanan.

Sumber : DREAMERSRADIO.COM

Read 1210 times