27Mei2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Ingin Cerdas, Dengarkan Musik Pop!

Anda menyukai musik pop ? bisa jadi Anda memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, karena sebuah studi baru mengungkapkan bahwa mendengarkan musik pop selama belajar dapat menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan pemikiran logis Anda.

Dr. Emma Gray, seorang ahli terapi di The British CBT and Counselling Service, London, mengatakan bahwa musik pop dan lagu-lagu rock dapat menghasilkan tingkat kebahagian yang tinggi serta membantu meningkatkan kreatifitas dalam mata pelajaran seperti bahasa, drama dan seni.
Sementara bagi siswa yang mendengarkan musik klasik selama belajar, akan menjadi lebih baik ketika mengerjakan ujian Matematika.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gray dan didukung oleh Spotify salah satu provider musik streaming, menemukan pentingnya memilih musik yang tepat untuk membantu seseorang belajar, agar dapat meningkatkan konsentrasi.

Dr. Gray menjelaskan bahwa otak kiri manusia digunakan untuk memproses informasi faktual dalam memecahkan masalah yang merupakan keterampilan penting dalam ilmu Humaniora (ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih berbudaya).

“Musik memiliki efek positif pada pikiran dan mendengarkan musik yang tepat sebenarnya dapat meningkatkan semangat belajar,” ungkap Dr. Gray.

Musik memang diketahui dapat menempatkan seseorang dalam kerangka pikiran yang lebih baik untuk belajar dan pada kenyataannya siswa yang mendengarkan musik bisa melakukan sesuatu yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

“Untuk mata pelajaran logis, seperti misalnya Matematika, musik yang tenang sangat dibutuhkan untuk bisa menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi, sementara untuk pelajaran yang membutuhkan kreatifitas, musik yang penuh emosi sangat membantu agar siswa berusaha mengekpresikan ide-idenya,” sambung Dr. Gray.

Sumber : yahoo.com

Read 920 times