22Juli2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Resiko Kesehatan Akibat Menonton TV

Anak-anak seringkali meniru kebiasaan orangtuanya, termasuk dalam kebiasaan menonton televisi dan layar komputer, ungkap sebuah penelitian.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Bristol Inggris menemukan indikasi kuat adanya keterkaitan kebiasaan orangtua dan anak dalam menonton televisi, ketika mempelajari kebiasaan anak berusia lima sampai enam tahun dari 1.000 keluarga.

Dalam studi sebelumnya para peneliti menyatakan berada di depan monitor terlalu lama akan membahayakan kesehatan orang dewasa dan anak-anak.

Penemuan mengenai kebiasaan orangtua yang mempengaruhi anak-anak dalam menonton televisi atau menghabiskan waktu di depan komputer, merupakan hal penting, karena risiko kesehatan yang akan dihadapi.

Aktivitas ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan semua penyebab kematian di kalangan orang dewasa dan peningkatan risiko obesitas pada anak.

Prof Russ Jago, yang memimpin penelitian dari Universitas Bristol mengatakan: "Kami tahu bahwa terlalu banyak menonton tak baik bagi kesehatan anak.

"Data kami menunjukan bahwa sebagian anak-anak menghabiskan waktu terlalu banyak menonton televisi dan peralatan yang memiliki layar pada akhir pekan.

Dia menambahkan, keluarga seharusnya membantu untuk mengurangi kebiasaan anak-anak dan orangtua di depan layar. (sumber : bbc.co.uk)

Read 1094 times