22Juli2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Kamis, 03 Oktober 2013 11:45

Wow,Jagung Ini Warna-Warni Seperti Permen

DREAMERSRADIO.COM - Jika pada umumnya jagung yang ada didunia berwarna kuning kemerahan. Namun Jagung yang satu ini sangat berbeda dari yang tumbuh di belahan bumi manapun. Jika kamu melihat foto jagung ini tentu akan berpikir seperti mainan atau permen jeli. Tetapi ternyata jagung tersebut asli dan dapat dimakan.

Lalu kenapa warnanya bisa seperti itu? Sesuai dengan tampilannya, jagung ini dinamai Glass Gem corn yang merupakan varietas khusus. Bibit jagung ini dikembangkan oleh petani tradisional suku Cherokee di Oklahoma, Amerika, yang sering memperhatikan adanya warna transparan pada beberapa biji jagung.

Kemudian Carl Barnes mencoba untuk menyilangkan jagung yang memiliki biji-biji berwarna tersebut. Selama bertahun-tahun Carl terus menyilangkan hingga akhirnya bisa mendapatkan warna berbeda-beda dalam satu buah jagung.

Seperti dilansir dari Metro, sebelum meninggal, Carl menurunkan rumus penyilangan itu kepada Greg Schoen yang kemudian menyerahkan bibitnya kepada Bill McDorman untuk dikembangkan di pembibitan di Arizona. Bill sendiri adalah ketua yayasan yang melindungi warisan agrikultur suku asli Amerika.

“Aku benar-benar takjub saat pertama melihatnya. Tidak pernah ada yang melihat jagung seperti ini sebelumnya,” tutur Bill.

Kini bibit Glass Gem Corn sudah bisa dibeli melalui online dengan harga US$ 7.95 atau sekitar Rp 80 ribu per paket. Meski demikian, jagung ini tidak dianjurkan untuk dimakan langusng, tetapi diolah menjadi popcorn atau tepung.

Read 1056 times