27Mei2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Di Masa Depan Manusia Bisa Tumbuhkan Tangan Yang Terpotong

Masih ingatkah Anda dengan Dr. Curtis Connor yang bisa menumbuhkan tangan kanannya ketika berubah menjadi kadal raksasa di film The Amazing Spiderman? Segera, peneliti akan membuat hal tersebut menjadi nyata.

Tetapi peneliti pastinya hanya akan menambahkan kemampuan regenerasi pada manusia tanpa merubahnya menjadi monster kadal raksasa. Optimisme peneliti dari Universitas London tersebut didasari pada penemuan mereka yang berhasil menguak tabir rahasia dibalik kemampuan salamander menumbuhkan bagian tubuhnya yang telah terpotong lewat sebuah jalur biologis khusus.

Para peneliti menyebut jalur biologis pada salamander yang dapat memicu pertumbuhan unik itu dengan Extracellular signal-regulated kinases atau ERK. ERK akan aktif ketika ada bagian tubuh salamander yang terluka.

Saat ERK aktif, beberapa protein yang ada pada lapisan sel akan mengeluarkan sinyal yang merangsang inti sel yang mengandung DNA untuk melakukan suatu replikasi besar-besaran. Melalui proses ini, hewan amfibi tersebut bisa meregenerasi ekor, rahang, mata, hingga tulang belakang yang rusak.

Manusia, termasuk mamalia lainnya, diketahui tidak memiliki jalur biologis ERK. Pemimpin penelitian tersebut, Dr. Max Yun, menyatakan penemuan ini bisa menjadi kunci penelitian lanjutan untuk mengungkap potensi regenerasi pada sel dewasa hewan lain.

"Memanipulasi mekanisme ERK kemungkinan besar dapat memberikan kontribusi langsung dalam terapi kedokteran untuk meningkatkan kemampuan regenerasi pada sel tubuh manusia," tambah Dr. Yun.  Daily Mail (19/6)(Merdeka.com)

Read 807 times