22Juli2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Sabtu, 31 Agustus 2013 10:44

Rupiah, Darimana Asalmu?

haloanak.com - Perkataan “Rupiah” berasal dari perkataan “Rupee”, satuan mata uang India. Namun sebenarnya menurut Adi Pratomo, salah satu peneliti sejarah uang Indonesia, Rupiah diambil dari kata Rupia dalam bahasa Mongolia. Rupia sendiri berarti perak. Memang sama dengan arti Rupee, namun Rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ’h’ di akhir kata Rupia, sangat khas sebagai pelafalan orang-orang Jawa.

Mata uang Rupiah pertama kali diperkenalkan secara resmi pada waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia ke-2, dengan nama Rupiah Hindia Belanda. Setelah berakhirnya perang, Bank Jawa (Javaans Bank, selanjutnya menjadi Bank Indonesia) memperkenalkan mata uang Rupiah Jawa sebagai pengganti.

Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. 

Rupiah kemudian diberi kode atau simbol yang digunakan pada semua pecahan uang kertas dan uang logam berupa Rp dan diakui oleh semua pihak.

Rupiah sendiri tidak secara langsung dapat tersebar secara merata di Indonesia. Misalnya saja, daerah kepulauan Riau dan Papua, baru menggunakan mata uang Rupiah pada tahun 1964 dan 1971. 

Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi didagangkan dengan pinalti disebabkan kadar inflasi yang tinggi .

Semenjak dipakainya Rupiah sebagai mata uang resmi, Rupiah berulang kali mengalami pergolakan.

Krisis ekonomi Asia tahun 1998 menyebabkan nilai Rupiah jatuh sebanyak 35% dan membawa kejatuhan pemerintahan Soeharto.

Dan kini, Rupiah kembali bergejolak!

                                                                                                                                                  Sumber : Berbagai Sumber, image : photo-dictionary.com 

Read 1160 times