27Mei2017

English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Sabtu, 28 Desember 2013 03:17

Cara Alami Untuk Mengobati Flu Featured

Written by 

Pilek atau hidung tersumbat sangatlah menganggu. Pasti kita semua pernah mengalami keluhan hidung tersumbat, keluar lendir hidung dan badan meriang. Dalam dunia kedokteran keluhan ini dikenal dengan istilah rhinitis yaitu peradangan pada organ hidung. Keluhan ini sering kambuh, khususnya jika terjadi perubahan cuaca atau keadaan imunitas tubuh sedang menurun.

Simak apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pilek dan tenggorokan yang ada, antara lain:

1. Minum yang banyak

Anda mungkin berpikir bahwa ini merupakan hal sepele, namun minum merupakan cara untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Gejala pilek dapat menyebabkan dehidrasi jika keluhan juga disertai muntah dan diare. Minuman seperti air putih, jus atau minuman elektrolit dapat membantu memperbaiki keseimbangan cairan anda.

2. Kompres hangat

Cobalah untuk menaruh kompres hangat pada bagian dahi dan hidung Anda. Kompres hangat merupakan cara yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus Anda. Selain itu, kompres hangat juga membantu anda untuk lebih rileks.

3. Berkumur

Berkumurlah dengan air garam. Air garam membantu mengencerkan lendir kental yang menempel di belakang tenggorokan.

4. Makanlah sup panas

Sup panas membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat dengan berbagai cara. Beberapa peneliti percaya bahwa saat kita makan sup panas, maka kepala kita akan condong ke depan, menghirup uap panas dari sup tersebut, dan uap inilah yang akan membuat Anda lebih baik. Selain itu, diduga semangkuk sup panas juga memberikan efek sugesti emosi. Jika tidak ada sup panas, Anda dapat menggantinya dengan minum secangkir teh hangat, Anda juga dapat menambahkan madu pada teh tersebut.

5. Menghirup uap panas

Apabila hidung Anda tersumbat, salah satu solusi cepat mengurangi sumbatan adalah dengan menghirup uap panas.  Hangatkan air hingga mendidih, tuang dengan hati-hati pada wadah yang dapat Anda hirup. Hiruplah dengan dalam uap dari air panas tersebut. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas tersebut untuk membantu menurunkan permasalahan hidung tersumbat Anda.


Sumber : Klikdokter.com, Oleh dr. Alvin Nursalim

Read 733 times